Cara Mempercepat Akses Internet Menggunakan TselFlash


Mungkin para pengguna Telkomsel Flash atau Indosat Broom atau XL Unlimited atau yang lainnya seperti halnya saya sering mengeluh lambatnya Download / Upload. Saya sendiri pakai paket Telkomsel Flash Unlimited 256kb. Dulu sering sekali mengeluh koq lambat sekali, apa gunanya langganan 256kb dah pake modem 3G pula kalo hasil yang didapat tidak lebih dari 100kb. Itu dulu sebelum tahu triknya. Sekarang noway, walaupun daerah saya masuk BTS yang padat. Sebenarnya sudah lama saya praktekan cara ini, cuma sekarang baru kepikiran nulis, siapa tahu bermanfaat bagi yang lain.
Berikut hasil test dengan speedtest.net

Gambar di samping hasil test ke server Clifton, New Jersey USA

Gambar di sampaing hasil test ke server lokal Jakarta, Indonesia
Dari kedua hasil test didapat hasil yang memuaskan karena dari jatah banwidth 256kb bisa didapat hasil sampai 248kb. Kadang kala didapat hasil sampai 256kb sesuai bandwidth yang diberikan.
Bagaimana cara memaksimalkan koneksi Telkomsel Flash tsb.

  1. Set di modem 3G untuk selalu menggunakan jaringan (network) 3G / UMTS jangan pilih automatic network. Kalau modem anda mendukung 3,5G / HSPDA dan di daerah anda ada sinyal HSDPA set modem ke mode HSDPA.
  2. Saat sudah terkoneksi ke server telkomsel cek koneksi dengan melakukan ping ke sembarang server. Dalam test ini saya pilih ping ke www.yahoo.com
  3. Gunakan perintah ping dengan parameter -t -l 0 (nol) agar tidak memakan bandwidth.
  4. Cek hasil yang di dapat, lihat time-to-live (TTL) yang didapat, semakin besar nilai TTL semakin stabil koneksi.
  5. Jangan senang dulu dengan TTL yang besar kalau selama ping nilai TTL tidak selalu sama. Koneksi akan stabil bila nilai TTL selalu sama selama pengetesan. Lihat contoh berikut :
    Gambar 1. Pada gambar berikut nilai TTL=47 terlihat sering adanya RTO selama koneksi.
  6. Gambar 2. Pada gambar berikut nila TTL bervariasi antara TTL=51 dan TTL=52 walaupun terlihat setabil tetapi untuk koneksi saya lebih merekomendasikan yang nilai TTL-nya sama.
  7. Gambar 3. Pada gambar ini nilai TTL stabil pada nila TTL=52 saya lebih senang dengan nilai ini dari pada nila TTL berubah dari TTL=54 ke TTL=53 walau lebih besar. Berdasar pengalaman selama ini saya cenderung memilih yang nilai TTL-nya sama.
  8. Kalau untuk mendapat nilai TTL sama sulit pilihan no.2 lebih baik yaitu nilai TTL berubah-ubah tetapi nilainya besar.
  9. Untuk mendapat nilai tersebut kadang tidak hanya dengan melakukan sekali koneksi langsung berhasil. Jadi harus dicoba berulang kali sampai mendapat nilai yang maksimal dengan ping ke server yang sama.
  10. Untuk Akses Point Name (APN) bisa dipilih antara APN “internet” dan APN “telkomsel” tergantung trafic BTS. Bila dengan APN internet susah mendapat nilai TTL yang diinginkan coba dengan APN telkomsel.

Selamat mencoba semoga bermanfaat dan dengan trik ini kekecewaan anda bisa terobati.




Salah satu cara untuk mengakali bandwidth yang pas-pasan yaitu dengan menggunakan proxy. Di sini saya menggunakan program privoxy karena program ini berukuran kecil, gampang penggunaanya. Dengan seting default saja sudah cukup.
Bila Anda ingin merubah seting buffer Privoxy silakan edit Main Configuration Privoxy. Klik kanan tray icon pilih Edit -> Main Configuration.
Edit baris “buffer-limit 4096″ (4KB) menjadi “buffer-limit 65536″ (64KB) lihat gambar di bawah. Atau sesuai keinginan Anda, jangan lupa sesuaikan juga dengan memory komputer Anda. Jangan sampai besar pasak daripada tiang

Dengan menggukan privoxy maka banner, iklan, pop-up dan internet junk lainnya akan di blok. Dimana banner, iklan, pop-up dan internet junk akan membebani bandwidth kita. Dengan adanya banner dll berarti load akan lebih lama, dengan di bloknya banner dll maka load akan lebih cepat.
Untuk penggunaannya tinggal install program privoxy kemudian set di browser menggunakan proxy 127.0.0.1 dan port 8118 (port default). Untuk pengguna windows bisa di download di sini. Sedang untuk pengguna selain windows silakan donwload di sini
Seting proxy-nya untuk browser :

  • Firefox

Klik Tools -> Options -> Network -> Settings -> Manual proxy configuration
HTTP Proxy isi dengan 127.0.0.1 Port 8118
  • Opera

Klik Tools -> Preferences -> Advanced -> Proxy Servers
Centang HTTP isi dengan 127.0.0.1 Port 8118
  • Internet Explorer

Klik Tools -> Internet Options -> Connections -> LAN Setting -> Proxy Servers
Centang Use proxy server isi dengan 127.0.0.1 Port 8118
Silakan dicoba semoga bermanfaat...